Pengertian Zahir
Accounting
Menurut Himayati (2007:19) Zahir Accounting adalah “software akuntansi yang digunakan untuk membuat laporan keuangan, mempunyai fasilitas yang integrated dan berdaya saing tinggi, dilengkapi dengan analisa laporan berupa grafik dan analisa rasio keuangan yang berguna untuk keputusan manajemen perusahaan."
Menurut Yuswanto et al (2015:1)
Zahir Accounting merupakan “software akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated software) oleh PT Zahir
Internasional”.
Zahir Accounting dibuat pertama
kali pada tahun 1996 dengan nama Zahir Accounting versi 1.0. kemudian
dikembangkan sehingga muncul Zahir Accounting vesi 2.0 pada tahun 1997 dan
mulai dipasarkan pada tahun 1999. Saat ini Zahir Accounting telah digunakan
oleh banyak perusahaan di Indonesia dan dikembangkan ke Zahir Accounting versi
5.1.
Kelebihan dari software Zahir
Accounting versi 5.1 adalah pengembangan secara inovatif yang menggabungkan
software akuntansi finansial dengan software manajemen finansial (sebagai decision support system).
Prestasi yang diperoleh Zahir Accounting
antara lain penghargaan secara nasional dari Presiden Republik Indonesia pada
Indonesia ICT Award 2003, penghargaan Menkominfo pada Apicta 2002, 2003, dan
2004 dan lain-lain. Prestasi yang diperoleh PT Zahir Internasional melalui
Zahir Accounting menunjukkan bahwa Zahir Accounting layak untuk menjadi
software pilihan utama setiap perusahaan di Indonesia.
Menu
Utama Zahir Accounting
Pada bagian menu utama terdapat
bebarapa pilihan, antara lain:
1.
Versi Progrm
Pada
pojok kanan-atas menu utama ditampilkan versi program. Versi program yang
digunakan adalah Zahir Accounting 5.1.14b. sedangkan Build 14b menunjukkan
nomor update dari program yang dipakai.
2.
Administrasi Data
Keuangan
Pada
bagian admnistrasi data keuangan ini ada beberapa pilihan, antara lain:
a. Buka
Data Sebelumnya
Digunakan
untuk membuka data keuangan yang terakhir kali pernah dibuka.
b. Membuat
Data Baru
Digunakan
untuk membuat data keuangan baru untuk perusahaan.
c. Buka
Data
Digunakan
untuk membuka data keuangan yang pernah dibuat sebelumnya. File data keuangan
di Zahir Accounting akan selalu menggunakan format *.gdb atau *fdb
d. Buka
File Backup
Digunakan
untuk membuka file yang pernah dibackup. File yang dibackup menggunakan format
*gbk
3.
Registrasi
Bagian
registrasi digunakan untuk melakukan registrasi terhadap program Zahir
Accounting yang digunakan.
4.
Website Zahir
Accounting
Bagian
Website Zahir Accounting digunakan untuk membuka website Zahir Accounting,
untuk mendownload update, melihat tanya jawab dan berdiskusi di forum.
5.
Panduan penggunaan
Bagian
Panduan Penggunaan digunakan untuk menampilkan petunjuk penggunaan Zahir Accounting.
6.
History Data
Bagian
History Data digunakan untuk menampilkan data keuangan yang pernah dibuka
sebelumnya
7.
Edisi Software
Bagian
Edisi Sofrware digunakan untuk menampilkan informasi tentang edisi software
yang dimiliki. Edisi software ini diinformasikan kepada Zahir ketika akan
bertanya kepada Zahir atas masalah yang terjadi pada program, dan lain-lain.
Modul
Program Zahir Accounting
Modul
pada Zahir Accounting dibuat utuk memudahkan dalam melakukan transaksi
keuangan. Beberapa modul yang dapar digunakan dalam Zahir Accounting antara
lain:
1.
Modul Data-data
Modul
Data-data ini merupakan master data dari pekerjaan yang dibuat. Pada Modul ini
dapat mengisi dan mengolah informasi-informasi penting yang berhubungan dengan
transaksi, seperti data customer, data vendor, data barang, data pajak, data
mata uang, dan lain-lain.
Modul ini sangat penting untuk dibuat dengan benar
karena data yang dibuat dalam modul ini digunakan pada modul-modul yang lain
dan seluruh file.
Fasilitas
yang terdapat pada modul Data-data antara lain:
a.
Data
Nama Alamat
Menu Data Nama Alamat digunakan untuk membuat dan mengedit data pelaggan, supplier, dan karyawan.
b.
Data
Rekening
Menu Data Rekening digunakan untuk menampilkan daftar
rekening perkiraan (Chart of Account),
serta untuk membuat, mengedit, dan
menghapus data rekening.
c.
Data
Produk
Menampilkan
daftar barang/persediaan, membuat, mengedit,
dan menghapus data barang, melihat pergerakan barang, kartu stok (rincian dari
perubahan stok per barang, serta grafik analisa penjualan barang.
d.
Satuan
Pengukuran
Untuk membuat satuan pengukuran dan konversi satuan.
e.
Data
Proyek
Untuk mengelola data proyek, membuat data proyek baru,
membuat tahapan pekerjaan, membuat anggaran biaya per proyek, dan melihat
rincian biaya per proyek.
f.
Data
Harta Tetap
Untuk mengelola harta tetap, mencatat harga perolehan,
dan untuk menghitung beban penyusutan per bulan.
g.
Data
Pajak
Untuk mengelola data pajak, menentukan rekening transaksi
pajak masukan, pajak keluaran, serta penentuan nilai persentase pajak.
h.
Data
Mata Uang
Untuk mengelola mata uang yang akan digunakan dalam
transaksi.
2.
Modul Buku besar
Modul
Buku besar digunakan untuk melakukan input transaksi jurnal umum dan untuk menampilkan
buku besar perrekening perkiraan.
Fasilitas
yang terdapat pada modul Buku Besar antara lain:
a.
Data
Rekening Perkiraan
Digunakan untuk menampilkan data rekening perkiraan,
untuk membuat mengedit dan menghapus
data rekening.
b.
Transaksi
Jurnal Umum
Menu ini digunakan ketika anda menginput transaksi jurnal umum dalam format
debet kredit. Form transaksi jurnal
umum akan berguna untuk transaksi yang tidak dapat diinput melalui form
transaksi khusus seperti adjustment,
pengalokasian, dan koreksi.
c.
Buku
Besar
Menu ini digunakan untuk menampilkan buku besar
pembantu tiap rekening dimana akan ditampilkan perubahan saldo setiap rekening
(debet dan kreditnya).
d.
Daftar
Transaksi Jurnal
Menu ini digunakan untuk menampilkan daftar transaksi
jurnal umum yang pernah dibuat dalam suatu periode, mencetak, mengedit, dan menghapus transaksi jurnal
umum yang sudah diinput sebelumnya.
3.
Modul Penjualan
Modul penjualan digunakan untuk melakukan input
transaksi yang berkaitan dengan penjualan(tunai maupun kredit), piutang usaha,
menampilkan daftar transaksi penjualan, kartu piutang usaha, mencetak faktur,
dan lain-lain.
Fasilitas
yang terdapat pada modul Penjualan antara lain:
a.
Sales Order
Sales
Order digunakan untuk
transaksi order penjualan atas
barang/jasa untuk pelanggan berdasarkan penawaran harga yang telah dikirim.
Transaksi ini juga dapat diinput tanpa melibatkan transaksi penawaran harga.
b.
Pengiriman
Barang (invoicing)
Form dalam menu ini digunakan untuk menginput transaksi penjualan/pngiriman
barang per pelanggan baik tunai maupun kredit. Transaksi penjualan ini secara
otomatis akan membuat transaksi akuntansi untuk penjualan, menghitung harga
pokok penjualan (HPP), dan mengurangi kartu stok.
c.
Retur
Penjualan
Form dalam menu ini digunakan apabila ada transaksi dimana
barang yang dijual dikembalikan/diretur. Penggunaan menu ini secara otomatis
akan membuat jurnal akuntansi untuk retur, menghitung harga pokok penjualan,
menambah kartu stok, dan mengupdate kartu
piutang.
d.
Daftar
Piutang Usaha
Menu ini menampilkan piutang dagang per pelanggan
berdasarkan umur piutang baik secara total atau per transaksi, beserta detail
pembayarannya.
e.
Pembayaran
Piutang Usaha
Form dalam menu ini digunakan apabila terjadi transaksi
pembayaran piutang usaha.
f.
Pengembalian
Kelebihan (Kredit)
Menu ini digunakan apabila terjadi transaksi kelebihan
pembayaran dari pelanggan, dimana uang pelanggan akan dikembalikan secara tunai
atau digunakan sebagai pembayaran piutang/penjualan lainnya.
4.
Modul Pembelian
Modul pembelian digunakan untuk menginput transaksi
yang berkaitan dengan pembelian (tunai maupun kredit), hutang usaha,
menampilkan daftar transaksi pembelian, kartu hutang usaha, mencetak faktur,
dan lain-lain.
Fasilitas
yang terdapat pada modul Pembelian antara lain:
a.
Purchase Order
Form
ini digunakan
untuk menginput order pembelian.
b.
Penerimaan
Barang (invoicing)
Form dalam menu ini digunakan untuk menginput transaksi penerimaan
barang/pembelian baik tunai maupun kredit. Transaksi pembelian ini secara
otomatis akan membuat jurnal akuntansi untuk pembelian, menambah kartu stok,
dan mengupdate kartu hutang (bila
pembelian terjadi secara kredit).
c.
Retur
Pembelian
Form
ini digunakan
apabila terjadi transaksi pengembalian barang kepada supplier. Penggunaan menu ini secara otomatis akan membuat
transaksi jurnal akuntansi untuk retur pembelian, menghitung harga pokok, dan
mengupdate kartu hutang.
d.
Daftar
Hutang Usaha
Menu ini digunakan apabila Anda ingin mengetahui saldo
hutang dagang per supplier/pemasok
berdasarkan umur hutang baik secara total ataupun per transaksi beserta detail
pembayarannya.
e.
Pembayaran
Hutang Usaha
Form
dalam menu ini
digunakan untuk menginput transaksi
pembayaran hutang.
f.
Penerimaan
Kembalian (Debit)
Form
dalam menu ini
digunakan untuk menginput transaksi
kelebihan pembayaran dari supplier,
dimana yang akan dikembalikan secara tunai atau digunakan untuk pembayaran
hutang lainnya
5.
Modul Kas dan Bank
Modul kas dan bank digunakan untuk menginput
transaksi yang berkaitan dengan kas dan bank, seperti transfer kas ke bank atau
sebaliknya, transaksi kas masuk, dank as keluar, rekonsiliasi bank, dan
lain-lain.
Fasilitas
yang terdapat pada modul Kas dan Bank antara lain:
a.
Transfer
Kas
Form
dalam menu ini
digunakan untuk menginput transaksi transfer kas, baik transfer dari kas ke
bank ataupun transfer antar bank.
b.
Kas
Masuk
Form
dalam menu ini
digunakan untuk menginput transaksi kas masuk. Transaksi kas masuk ini tidak
bisa digunakan untuk transaksi pembayaran piutang usaha oleh customer, karena transaksi kas dan bank
tidak menupdate kartu hutang/piutang
usaha. Transaksi kas yang dimaksud disini bisa berupa uang yang masuk ke kas
atau ke bank.
c.
Kas
Keluar
Form
dalam menu ini
digunakan untuk menginput transaksi
kas keluar, dimana saldo rekening kas/bank akan berkurang akibat transaksi ini.
Transaksi kas keluar ini tidak bisa digunakan untuk menginput transaksi
pembayaran hutang dagang dari supplier,
karena transaksi kas/bank tidak mengupdate
kartu hutang/piutang usaha.
d.
Rekonsiliasi
Bank
Form
dalam menu ini
digunakan untuk melakukan proses rekonsiliasi, yaitu menyamakan jumlah uang di
bank menurut transaksi uang masuk/keluar yang dilakuan di Zahir Accounting dan membandingkannya dengan
laporan rekening koran/buku bank. Proses rekonsiliasi dilakukan dengan memberi
tanda centang pada transaksi yang dicatat di Zahir Accounting yang juga dicatat oleh bank
6.
Modul Persediaan
Modul
persediaan digunakan untuk melakukan input transaksi yang berhubungan dengan
persediaan, seperti transaksi pemakaian barang, pemindahan barang perakitan,
penyesuaian, stok opname, dan lain-lain.
Fasilitas
yang terdapat pada modul Persediaan antara lain:
a.
Pemakaian/Penyesuaian
Barang
Untuk menginput transaksi pemakaian
barang/penyesuaian.
b.
Pemindahan
Barang
Berguna untuk transakasi produksi pada perusahaan
manufaktur dimana dalam suatu kejadian dihasilkan satu atau beberapa produk
baru yang memerlukan beberapa bahan baku dan pembantu.
c.
Stock Opname
Digunakan untuk menyamakan jumlah barang yang tercatat
di Zahir Accounting dengan yang ada
di gudang secara fisik. Perbedaan jumlah antara jumlah yang dicatat di Zahir Accounting dengan jumlah unit fisik bisa
disebabkan karena barang hilang atau rusak.
d.
Perakitan
Digunakan untuk mempercepat proses input transaksi
pemindahan barang, yaitu Zahir Accounting
akan secara otomatis menginput transaksi pemindahan barang berdasarkan
formula yang ditentukan di masing-masing barang hasil produksi
7.
Modul Laporan
Modul laporan digunakan untuk menampilkan
laporan-laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, buku besar, aliran
kas, laporan stok barang, laporan penjualan, laporan pembelian, dan lain-lain.
Fasilitas
yang terdapat pada modul Laporan antara lain:
a.
Analisa
Bisnis
Menampilkan grafik analisa bisnis terintegrasi,
kalender, dan reminder yang menampilkan piutang, hutang, dan giro yang sudah
jatuh tempo.
b.
Laporan
Keuangan
Menampilkan laporan keuangan seperti laporan
laba-rugi, neraca, aliran kas, buku besar, dan koleksi laporan keuangan yang
dapat anda kembangkan sendiri.
c.
Laporan
Penjualan dan Piutang
Menampilkan laporan penjualan per pelanggan, per salesman, per pelanggan per barang, laporan umur piutang, surat tagihan
piutang, dan sebagainya.
d.
Laporan
Pembelian dan Hutang
Menampilkan laporan pembelian per supplier, per supplier
per barang, laporan umur hutang, dan sebagainya.
e.
Laporan
Barang
Menampilkan laporan penjualan per barang per
pelanggan, per salesman, keuntungan
per barang, kartu stok, produk terlaris, dan sebagainya.
f.
Laporan
Lainnya
Menampilkan laporan-laporan lainnya, seperti laporan
proyek, departemen, harta tetap, dan daftar nama dan alamat.
Menu
Program Zahir Accounting
Pada bagian atas menu utama Zahir
Accounting terdapat beberapa menu program. Menu program digunakan jika tidak
ingin menggunakan menu yang berbentuk modul-modul pada Zahir Accounting.
1.
File
Menu
file digunakan jika ingin membuat data keuangan baru, atau untuk kembali ke
menu utama, membackup data, menjalankan alat bantu, administrasi password dan
hak akses.
2.
Setting
Melalui
menu setting dapatmensetup klasifikasi rekening perkiraan, mengisi saldo awal
rekening perkiraan, mengisi saldo awal hutang dan piutang usaha, saldo awal
persediaan, mengatur Bahasa, mengatur konfigurasi Point of Sales dan mengatur
konfigurasi program.
3.
Tutup Buku
Melalui
menu tutp buku dapat melakukan proses tutup buku bulanan, tutup buku tahunan,
dan dapat melakukan revaluasi terhadap mata uang asing.
4.
Window
Melalui
menu window dapat menutup semua jendela/form yang terbuka, serta dapat
menampilkan atau menyembunyikan panel samping.
5.
[F1] Petunjuk
Melalui
menu petunjuk dapat menampilkan panduan penggunaan program Zahir Accounting.
1.2.5.
Macam-Macam
Jurnal Transaksi Zahir Accounting
Dalam sistem pencatatan akuntansi
manual, setiap jurnal transaksi dibuat ke dalam bentuk jurnal umum berdasarkan
formulir transaksi. Dalam Zahir Accounting versi 5.1 akan lebih banyak bekerja
dengan mengisi formulir transaksi seperti keadaan sebenarnya, tanpa perlu
mengetahui cara membuat jurnalnya.
Setiap kali membuat jurnal
transaksi dengan mengisi formulir transaksi, program akan membuat jurnal umumnya
secara otomatis. Jurnal yang dibuat secara otomatis tersebut dapat berjumlah
lebih dari satu, misalnya jurnal penjualan kredit akan dibuatkan tiga jurnla,
yaitu jurnal penjualan, jurnal pembayaran uang muka dan jurnal pencadangan
penghapusan piutang, demikian juga untuk jurnal-jurnal lainnya.
Berikut beberapa jurnal transaksi
yeng terdapat dalam Zahir Accounting versi 5.1 menurut Himayati (2007:19) :
1.
Jurnal Penjualan untuk
menginput transaksi penjualan yang terjadi, baik transaksi dengan pembayaran
kredit maupun cash.
2.
Jurnal Retur Penjualan
untuk menginput transaksi retur penjualan yang terjadi, baik transaksi dengan cash maupun nota kredit.
3.
Jurnal Pembelian untuk
menginput transaksi pembelian yang terjadi, baik transaksi pembayaran kredit
maupun cash.
4.
Jurnal Retur Pembelian
untuk menginput transaksi retur pembelian yang terjadi, baik transaksi cash maupun nota kredit.
5.
Jurnal Kas Masuk untuk
menginput transaksi pemasukan kas
6.
Jurnal Kas Keluar untuk
menginput transaksi pengeluaran kas
7.
Jurnal Pembayaran
Hutang Usaha untuk menginput transaksi pemasukan kas yang berasal dari
pembayaran piutang usaha dari pelanggan
8.
Jurnal Pembayaran
Hutang Usaha untuk menginput transaksi pengeluaran kas yang digunakan untuk
membayar hutang usaha kepada supplier
9.
Jurnal Pengembalian
Kelebihan Pembayaran Piutang Usaha untuk menginput transaksi pengembalian
kelebihan pembayaran piutang usaha
10.
Jurnal Penerimaan
Kelebihan Pembayaran Hutang Usaha untuk menginput transaksi penerimaan
kelebihan pembayaran hutang usaha yang telah dibayarkan kepada supplier
11.
Jurnal Penyesuaian
Persediaan untuk menginput transaksi penyesuaian persediaan, seperti penggunaan
bahan baku menjadi harga pokok penjualan, dan lain – lainnya (khusus edisi
standar)
12.
Jurnal Pemindahan
Barang untuk menginput transaksi pemindahan persediaan, seperti transaksi
penggunaan bahan baku menjadi barang jadi (khusus edisi standar)
13.
Jurnal Umum untuk
menginput transaksi keuangan yang tidak memiliki jurnal tersendiri, seperti
transaksi adjusting.
0 komentar:
Posting Komentar